SPACE IKLAN

Rabu, 14 Januari 2015

Tips Mengamankan Data Penulisan Ilmiah



Dalam proses pengerjaan Penulisan Ilmiah kita perlu mengantisipasi hal-hal yang mungkin terlihat sepele namun bisa berakibat fatal dalam Menyimpan file Penulisan Ilmiah kita. Adapun hal-hal yang perlu diwaspadai adalah :
Hilang atau rusaknya data file Penulisan Ilmiah kalian yang disebabkan oleh :

     1.       Virus 
     2.       Harddisk rusak 
     3.       Flashdisk hilang


Solusinya sederhana saja,
 .             1. Pastikan ketika kalian akan mencetak / nge print penulisan ilmiah kalian di warnet atau di computer teman, pastikan flashdisk kalian terproteksi dengan antivirus, dan data yg di flashdisk bukanlah data asli atau satu-satunya yg kalian punya, kalian harus punya backupnya. Sehingga ketika flashdisk kalian terkontaminasi virus yg merusak file Microsoft word, maka kalian akan tetap aman. Dan jika kalian terpaksa harus mencetak di warnet yg rentan sekali dengan virus, lebih baik kalian jangan menggunakan flashdisk, tapi mem-burning filenya ke dalam CD baru kalian membukannya di warnet.
2       
        2. Pastikan kalian punya backup data di internet yg selalu kalian update setiap ada perubahan penulisan, kalian bisa meng-email ke alamat email kalian sendiri dengan judul subject yg mudah diingat, atau kalian bisa menguploadnya di website yg menyediakan fasilitas penyimpanan data seperti Ziddu.com, DepositFiles.com, dll. Sehingga ketika file kalian rusak karena virus, atau flashdisk kalian hilang maka data kalian tetap aman. Kelebihannya juga, kalian bisa mengakses file PI kalian dari mana saja dan kapan saja selama itu ada koneksi internet.
3.             3. Jika data kalian banyak dan besar, ada baiknya kalian simpan backupannya di harddisk external yg saat ini sudah banyak yg harganya terjangkau, sehingga ketika computer kalian tiba-tiba jebol, maka program dan data-data kalian tetap aman.

Demikianlah tips untuk mengamankan data penulisan ilmiah kalian, jangan sampai seperti kawan sy yg hanya bisa meratapi nasib mengetik ulang seluruh penulisan ilmiahnya dikarnakan komputernya tiba-tiba jebol dan dia tidak ada backupan data sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar