SPACE IKLAN

Rabu, 02 Desember 2009

KULIAH PERDANA ( Mahasiswa Baru )

Ada beberapa hal yg penting untuk kalian ketahui dan "camkan" dalam menjalani perkuliahan, khususnya di gunadarma. Agar segalanya menjadi lancar dan "aman", agar perkuliahan tidak menjadi hambatan dan menjadi batu sandungan bagi kalian di kemudian hari yg bisa saja membuat kalian harus mengulang suatu matakuliah atau bahkan kalian "dipaksa nganggur” 6 bulan karena terkena cuti, diantaranya adalah:


  1. Ingat dan minta beberapa teman akrab untuk mengingatkan kapan terakhir membayar blangko smester, dan tanggal terakhir mengisi KRS (Kartu Rencana Studi).
Hal ini sangatlah PENTING dan fatal bila kalian lupa, karena sangsinya terkena cuti 1 smester (6 bulan) dan kalo sudah begitu, kalian akan kehilangan teman" sekelas, karna ketika masuk lagi kalian akan masuk ke kelas yg berbeda dengan teman" kalian sebelumnya, karena kalian masuk ke kelas Bawah / adik kelas kalian. Ini asli pengalaman pribadi, saya sendiri kena cuti gara-gara telat ngisi KRS. Tidak enak lho musti beradaptasi lagi dengan orang-orang baru, jadi jangan sampai lupa ya.

  1. Cari tau tentang sifat dan karakter dosen.
Untuk apa? Setiap dosen memiliki karakter sifat dan cara penilaian yang berbeda-beda, tapi yang penting untuk kalian ketahui dari dosen itu adalah :
- Apakah absensi kehadiran berpengaruh bagi hasil nilai kalian?
Karena banyak dosen yng memberi tolerir ketidak hadiran kuliahnya sampai maksimal 3 kali, dan ada juga yang menggunakan standar kampus yaitu kehadiran harus minimal 50-75% dari total jumlah pertemuan, tapi tak jarang juga ada dosen yang tidak perduli tentang kehadiran kalian di kelas selama tugas yang diberikannya dikerjakan dengan baik.
Biasanya informasi ini kalian dapatkan ketika pertemuan pertama kali, tapi jika dosen tidak menjelaskan cara penilaiannya, maka jangan takut bertanya padanya, dan kalau kalian tidak masuk pada pertemuan perdananya, maka tanyalah kepada teman sekelas yang hadir ketika itu.
- Apakah reputasi dosen ini baik atau tidak?
Mengapa? Karena hal ini juga berpengaruh kepada hasil nilai kalian, harus disadari ada dosen yg “killer” yg tidak memiliki toleransi terhadap kesalahan sekecil apapun itu dan pada akhirnya kalian akan di stempel dengan nilai D. Solusinya, cari tau dari kelas lain atau senior dikelas kalian, biasanya dosen “killer” memiliki banyak mahasiswa mengulang dikelasnya yang akan bergabung dengan kalian, tapi jangan salah, kalian juga akan menemukan banyak senior yg mengulang dikelas kalian jika dosen itu sangat baik, sehingga banyak yg mengambil kelasnya karena sudah ada “jaminan” pasti dapet nilai B atau bahkan A, jadi tanyalah senior. Jadi kalu gagal di dosen yg killer, cari dosen lain saja yg enak, bisa kok.
- Minta no HP / email dosen.
Agar senantiasa dapat berkomunikasi ketika suatu saat ada masalah atau ingin bertanya terkait mata kuliahnya. Tetapi tak jarang banyak dosen yg sudah otomatis memberika no HP / email tanpa diminta pada pertemuan perdananya, minimal ketua kelas pasti diberi tau. Biar gak repot, sekarang udah abad 21 nih, jangan sungkan dengan dosen.
  1. Waspada terhadap UTS dan UAS.
Kalian harus ingat dan “camkan” lagi informasi ini, UTS atau Ujian Tengah Semester mengambil porsi 60-70% penilaian matakuliah kalian, dan UAS mengambil porsi 25-30% dari penailaian matakuliah kalian, artinya apa? Ketika kalian tidak dapat hadir atau nilai kalian hancur di UTS, maka kemungkinan kalian akan gagal dimatakuliah tersebut adalah 90%, sedangkan kalau kalian tidak hadir di UAS tidak akan terlalu masalah, jadi Waspadalah... Metode penilaian dosen biasanya adalah : ketika kalian nilainya jelek di UTS, maka dosen akan melihat nilai tugas kalian, dan kalau masih kurang mereka akan melihat jumlah absensi kalian, dan disitulah dia akan mengambil penilaian, berapa yang “pantas” untuk kalian. Tetapi jika kalian gagal di UAS, yah tinggal susulan aja. Jadi ketika kalian merasa gagal di UTS, maka mulailah “mengemis” pada dosen untuk diberi tugas, karena merekalah yang memegang kendali nilai. Jika mereka beralasan “nilai sudah masuk ke database” atau “nilai tidak bisa dirubah” itu semua BOHONG, mereka cuman tidak mau cape saja mengurusi nilai kalian dan males mikir lagi untuk ngasih tugas kalian, Prinsipnya, kalau gak mau cape, ngapain jadi dosen pak/bu... Jadi mahasiswa saja, betul gak? ;-)
  1. Ketahuilah tempat-tempat PENTING dikampus Gunadarma.
Selama kalian berkuliah, dengan otomatis kalian akan digiring menuju tempat-tempat penting yang ada di gunadarma, diantaranya adalah : BAAK, PSA on-line, Bank DKI, Sekertariat jurusan, Ruang Dosen, Sekretariat organisasi kampus, ruang Ujian Mandiri, dll. Cari tau dan ingatlah kalau belum tau, karna tempat tersebutlah yang akan memudahkan kalian dalam menjalani kuliah, sebagai contoh : jika kalian ketika bayaran mengantri sedemikian panjangnya di bank DKI kampus G kelapa dua, kalian bisa menengok ke kampus D margonda, karena disana juga ada Bank DKI yang biasanya tidak terlalu ramai jika di kampus G sedang ramai, dan begitu pula sebaliknya. Contoh lainnya ; jika kalian berdesak desakan di Mading (majalah dinding) kampus D ketika mencatat jadwal, kalian bisa melihat ke kampus lainnya (E/G), karena hampir disetiap kampus terdapat Mading, jadi jangan pasrah sama keadaan, mobilisasilah ke kampus lain.
  1. Teori 30% dan ilmu pengetahuan 70%
Maksudnya apa? Harus kalian ketahui kenyataan ini, bahwa sebenarnya di kampus atau anak kuliahan hanya mendapatkan ilmunya sebanyak 30% dari mata kuliah yang dipelajari dikampus, yang bisa berguna bagi pengembangan diri dan implementasi pekerjaan di dunia kerja nantinya. Lalu sisanya 70% dimana? Jawabannya, Ada di PERGAULAN, jadi banyaklah bergaul dengan orang lain untuk saling menyerap ilmu dari kawan-kawan, perbanyak praktek langsung, karena perkembangan teknologi yang demikian pesatnya, mata kuliah kampus tidak akan bisa mengejar itu semua. Dan tak jarang pada akhirnya yang rugi adalah kalian sendiri, karena sudah bayar mahal untuk biaya kuliah. Seperti kawan saya yg lulus dengan nilai yang tinggi, alias Cumlaude, tapi menginstal windows saja tidak bisa, padahal jurusannya Tehnik Informatika. Ketika kerja, hal ini menjadi masalah yg serius. Banyak orang mengira anak” gundar jago komputernya, padahal pada kenyataannya belum tentu, tergantung pribadinya, mau jadi dosen apa mau jadi IT? Jadi, banyaklah Bergaul. Belilah majalah komputer, sekalipun itu sekas atau agak basi. Kalau gak punya duit, cari e-book di internet, gampang kan..
  1. Organisasi kampus
Jika kalian ingin bergabung ke organisasi kampus, maka bergabunglah dengan organisasi kampus yang “resmi”, harus kalian ketahui, masih banyak di gundar yang legalitas organisasinya msih belum jelas, yang pada akhirnya kalian akan berbenturan dengan organisasi kampus yang resmi Seperti BEM dll, pelajari dulu visi misi dan tujuan dari organisasi tersebut, sekalipun itu resmi, karena buat apa kalian buang waktu, pikiran dan tenaga untuk sesuatu yang gak jelas manfaatnya buat kalian dikemudian hari, kuliah biasa aja dijamin sudah pusing. Dan jika ingin bergabung dengan organisasi kampus, lihat dulu jadwal kuliah kalian, sedang padet atau tidak, dan sebaiknya menurut saya kalian ikut organisasi kampus ketika semester 2 keatas, dan berhenti di semester akhir. Mengapa? Karena kalau nilai / IPK kalian hancur disemester awal, maka mengejarnya nanti kan berat di semester selanjutnya. Pada akhirnya, belajarlah bijaksana dalam menentukan akan mengikuti atau tidak sebuah atau beberapa organisasi kampus, aktualisasi diri memang bagus, tapi pertimbangkan banyaknya uang orang tua kalian yang sudah dikeluarkan untuk kalian, dan jika berorganisasi, pilihlah yang sesuai dengan idealisme diri kalian, jangan karena ikut-ikutan saja, karena di gunadarma banyak sekali organisasi yang baik dan menarik, diantaranya : teater, paduan suara, BEM, beladiri, pencinta alam, dll. Jadi berbijaksanalah kalian.
  1. Jagalah kesehatan.
Kesannya lucu ya? Tapi hal ini memang penting ketika masa adaptasi kalian selama perkuliahan di gunadarma, entah mengapa pada masa para mahasiswa baru beradaptasi dari SMA ke Kampus, gundar malah memberikan jawal kuliah yang gila-gilaan, dari pagi hingga sore, kalau kalian tidak menjaga kesehatan seperti pola makan dan asupan gizi yang baik, tak heran kalau banyak yg tumbang karna sakit. Dan kalu sudah sakit, jelas akan mengganggu aktifitas perkuliahan kalian. So Take care...

Akhir kata, semoga informasi ini dapat berguna bagi kalian dalam menjalani kuliah perdana di gunadrma, dan masih banyak info-info lain yang akan menyusul nanti, doakan saja saya senantiasa sehat dan dapat meluangkan waktu saya untuk bisa membantu kalian. Selamat Berjuang...
Hidup Mahasiswa...!!!!!

1 komentar:

  1. trimakasih ya kak..
    infonya bener2 membantu buat saya, sbg mahasiswa baru..
    gbu

    BalasHapus